Pentingnya Beladiri Untuk Pramugari dan Keselamatan Penerbangan

Pentingnya Ilmu Beladiri Untuk Pramugari

Pentingnya Beladiri Untuk Pramugari dan Keselamatan Penerbangan

Pentingnya Beladiri Untuk Pramugari dan Keselamatan Penerbangan

Mungkin banyak orang beranggapan kalau tugas pramugari atau pramugara hanya ‘sebatas’ melayani penumpang di pesawat, tetapi realitanya jelas tidak sesederhana itu. Selain memastikan penumpang nyaman, para pramugari dan pramugara juga harus bisa memastikan keselamatan penumpang selama penerbangan berlangsung. Apalagi di dalam pesawat, mereka adalah orang yang paling mengenali pesawat. Jadi, nyawa ratusan penumpang pesawat ada di tangan pramugari.

Karena tugas dan tanggung jawabnya yang sangat berat, pelatihan untuk jadi pramugari maupun pramugara itu nggak gampang lo. Baik untuk maskapai dalam negeri maupun di luar negeri, pelatihannya sama-sama sulit. Mereka dilatih dengan disiplin dan keras sebelum akhirnya boleh terjun langsung melayani penumpang. Nggak hanya soal tampil menarik dan cantik. Mereka juga harus bisa mempertahankan diri serta memimpin evakuasi pada segala kondisi. Baca lebih lengkap yuk tentang pelatihan pramugari secara umum

Latihan Beladiri Pramugari

Menjadi seseorang yang cantik adalah impian setiap wanita. Namun apakah cukup sekadar menjadi wanita cantik saja di zaman sekarang ini?

Faktanya kodrat seorang wanita tidak terlepas dari persepsi yang melekat pada dirinya juga yakni sebagai kaum yang lemah.

Sekadar menjadi wanita yang cantik saja masih belum cukup, karena di samping menjaga kecantikannya wanita juga perlu untuk menjaga dirinya begitu pula dengan pramugari.

Berikut ini manfaat Beladiri untuk pramugari

1. Sebagai bentuk perlawanan terhadap tindak kejahatan/kekerasan di Pesawat

Kekerasan fisik bisa terjadi dimana saja, bahkan di pesawat berupa pukulan, tendangan,cekikkan dan lain sebagainya serta kekerasan seksual seperti pencabulan, pemerkosaan,eksploitasi seksual, prostitusi paksa dan lain sebagainya.

Bentuk-bentuk kekerasan ini juga harus dengan tegas dicegah. Maka dari itu penting sekali bagi calon pramugari untuk memiliki ilmu bela diri sebagai bentuk perlawanan pertama dan penyelamatan diri sesegera mungkin dari berbagai aksi kejahatan yang mungkin terjadi.

 

2. Memiliki Fisik Tubuh yang Kuat

Menjadi seseorang pramugari yang memiliki fisik yang kuat sudah pasti akan membuat kita tidak mudah diganggu dan diremehkan oleh orang lain.

Sebaliknya, fisik tubuh yang terlihat lemah akan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk berlaku semena-mena terhadap diri kita. Berlatih karate bagi seorang pramugari secara perlahan namun pasti akan membentuk fisik tubuh yang kuat karena beragam gerakan pada karate memang bertujuan untuk melatih kekuatan tubuh kita.

 

3.Membangun Mentalitas yang Positif

Tak hanya dari segi fisik, dari segi mental karate juga memberikan manfaatnya yakni seperti kepercayaan diri, keberanian, kewaspadaan, dan pengendalian emosi.

Selain fisik, mental yang kuat justru akan membuat seorang pramugari akan jauh lebih terlihat mempesona.

Kepercayaan diri, keberanian, dan kewaspadaan adalah kepribadian yang terbentuk seiring ketika kita berlatih karena kemampuan dan kekuatan kita akan terus meningkat. Sedangkan pengendallian emosi ialah sebagai bentuk etika yang harus selalu dijaga dari seorang karateka karena kemampuan yang dimiliki bukan lah untuk dianggarkan semata.

 

4.Menjaga Kesehatan

Tuntutan pekerjaan menharuskan pramugari harus selalu dalam keadaan fisik yang selalu prima untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Berlatih olahraga karate dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengencangkan otot-otot tubuh sehingga metabolisme dalam tubuh bekerja dengan baik.

Berbagai penelitian menyebutkan orang-orang dalam usia 40 tahunan yang secara teratur berlatih ilmu bela diri memiliki tingkat kebugaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang tidak berolahraga.

 

5.Mengasah Kecerdasan.

Kecerdasan juga dapat diasah melaui latihan bela diri karate karena pasalnya karate menuntut kita untuk berfikir bagaimana taktik dan teknik yang tepat untuk melindungi diri atau melumpuhkan lawan.

Sehingga melalui krate kita juga akan terlatih dan terbiasa untuk berfikir demi meningkatkan kecerdasan baik emosional maupun intelektual.

Pramugari punya banyak keterampilan untuk melayani penumpang selama penerbangan. Tapi jarang orang tahu, tak sedikit pramugari bisa beladiri. Data dari International Air Transport Association, sedikitnya 10.000 insiden fisik terjadi di seluruh dunia per tahun. Insiden fisik yang dimaksud, yakni penumpang berulah dan main tangan. Bisa menyerang penumpang lain atau melawan awak kabin.Oleh sebab itu, pelatihan beladiri pada pramugari dinilai sebagai salah satu upaya untuk mencegah insiden fisik di dalam pesawat. Namun walau punya ilmu beladiri, pramugari tetap mengedepankan diplomasi dengan cara berbicara dan bersikap yang baik.

“Beladiri adalah pilihan terakhir jika situasi tidak bisa dikendalikan lagi

beberapa maskapai di dunia rupanya melatih para pramugarinya untuk beladiri. Bahkan di Amerika Serikat melalui Transportation Security Administration (TSA), disediakan kelas khusus untuk beladiri pramugari yang tersebar di 20 lokasi di seluruh Amerika Serikat. Pramugari yang ikut latihan, jumlahnya mencapai belasan ribu orang

Para pramugari Singapore Airlines terlihat sangat cantik dan seksi dengan seragam batik biru yang menawan. Tapi tahukan Anda jika para perempuan cantik nan seksi itu para ahli bela diri?.

Para pramugari Singapore Airlines diberikan pelatihan yang cukup ekstrim, mereka harus memiliki sabuk hitam taekwondo terlebih dahulu sebelum terbang bersama maskapai tersebut.

Pelatihan ini memang sengaja diberikan sebagai usaha perlindungan para pramugari yang kerap mendapatkan perlakuan “kasar” dari para penumpang.

Prosedur Keselamatan Saat di Dalam Pesawat

Sebagai alat transportasi, pesawat merupakan salah satu transportasi paling aman di dunia. Bayangkan saja dari saat penumpang masuk, pushback, masuk jalur runway, bersiap di jalur take-off, hingga saat cruising dan landing semua harus dilaporkan pilot oleh pihak otoritas air traffic controller (ATC). Itu semua merupakan aturan dalam dunia penerbangan, bahwa setiap manuver pesawat harus dilaporkan pilot ke ATC. Itupun harus ada persetujuan demi keselamatan penerbangan.

Tidak hanya itu, sebagai penumpang Anda harus mentaati segala aturan di dalam pesawat. Maka itu, saat sebelum lepas landas biasanya pramugari memberikan intruksi di lorong pesawat mengenai prosedur keselamatan saat di dalam pesawat. Tujuannya jelas, agar penumpang dapat menikmati penerbangan yang aman dan nyaman.

Nah, lebih lengkap pagi mengenai apa saja prosedur keselamatan saat di dalam pesawat berikut ini 5 poin yang sering diintrusikan pramugari.

Safety Belt

Sabuk pengaman atau safety belt merupakan alat pertama yang harus digunakan dalam prosedur keselamatan saat di dalam pesawat. Fungsinya untuk tetap menjaga tubuh Anda saat terjadi guncangan, atas hal-hal yang tidak dikehendaki. Seperti saat terjadi turbulance salah satunya. Di pesawat ada dua tipe safety belt yaitu untuk dewasa dan anak bayi.

Selalu gunakan sabuk ini saat lampu pemberi tanda pemakaian sabuk pengaman menyala dan saat duduk di kursi. Biasanya saat bersiap untuk take off, turbulance, dan saat mau landing. Anda bisa melepasnya saat posisi pesawat telah cruising, terutama saat Anda ingin ke kamar kecil. Selebihnya tetap dalam kondisi terpasang terus ya, Anda bisa melepasnya kembali setelah pesawat benar-benar mendarat dan sudah berhenti.

Masker Oksigen

Menggunakan masker oksigen benar-benar digunakan jika tekanan udara di dalam kabin melebihi batas yang sudah ditetapkan. Tekanan udara di dalam kabin sendiri berbeda dengan tekanan udara yang berada di luar ruangan. Jika kondisi itu benar-benar terjadi, maka masker oksigen akan otomatis keluar dari atap yang berada di atas kepala Anda. Segeralah gunakan pada mulut Anda, dan jangan panik karena nanti Anda akan kehabisan napas.

Penting untuk diingat bahwa utamakan diri Anda sendiri dahulu saat menggunakan masker, baru kemudian orang lain seperti keluarga Anda misalnya. Ini penting, karena Anda tidak bisa menyelamatkan orang lain, jika Anda sendiri tidak dalam kondisi aman. Jika Anda sudah menggunakan masker oksigen dan bisa bernapas seperti biasa, baru kemudian bantu orang lain untuk menggunakan masker oksigen tersebut.

Masker oksigen juga bisa otomatis turun tekanan udaranya dan mendadak menghilang. Jika ada kejadian seperti itu, bisa dari lubang kecil atau kegagalan pengukur tekanan udara. Kemudian bisa juga tekanan udara hilang dengan cepat, seperti ada lubang besar saat pintu terlepas dari badan pesawat.

Rompi Pelampung atau Keselamatan

Berikutnya, sebagai salah satu prosedur keselamatan di dalam pesawat adalah rompi pelampung. Letaknya berada di bawah tempat duduk Anda. Ada dua ukuran untuk dewasa dan bayi, Anda bisa gunakan pelampung ini saat lampu indikator menyala. Lampu ini akan menyala, saat pesawat terendam air. Saat itu terjadi, gunakan dulu pelampung rompi pelampung tersebut kemudian gelembungkan sesaat keluar dari pintu atau jendela darurat.

Pintu Darurat dan Rakit Penyelamat

Sudah menjadi peraturan standar penerbangan internasional, sebelum lepas landas pramugari akan memberikan instruksi sebagai prosedur keselamatan di dalam pesawat. Seperti menyimpan barang di bagasi kabin, tujuannya agar tidak menghalangi jalan. Kemudian harus menegakkan sandaran kursi, karena kursi yang miring dapat menghambat laju evakuasi. Lipat meja makan, yang berada di depan Anda. Nonaktifkan ponsel dan alat elektronik lainnya, karena alat-alat tersebut bisa memancarkan sinyal yang mengganggu sinyal navigasi dalam kokpit. Kemudian akan diinstruksikan pramugari letak pintu darurat yang berada di dalam kabin pesawat, hingga rakit penyelamat.

Safety Information Card

Kartu keselamatan atau Safety Information Card sangat penting untuk dibaca kembali, jika Anda lupa dengan penjelasan yang disampaikan oleh pramugari. Selain itu, kartu ini juga menginformasikan Anda dalam setiap demonstrasi evakuasi.

Informasi Pelatihan Pramugari

Pentingnya Beladiri Untuk Pramugari dan Keselamatan Penerbangan

Pentingnya Beladiri Untuk Pramugari dan Keselamatan Penerbangan

Untuk menjadi seorang pramugari atau pramugara profesional tentu saja banyak persiapan dan latihan yang harus kamu lakukan mulai dari sekarang. Pelatihan dan persiapan yang maksimal adalah kunci kesuksesan seorang pramugari. Dengan mengikuti pelatihan yang tepat makan kamu akan lebih siap untuk menghadapi seleksi di peusahaan penerbangan. Salah satu pelatihan yang paling direkomendasikan untuk calon pramugari adalah dengan mengikuti pendidikan serta pelatihan khusus di sekolah pramugari. Banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu mengikuti program pelaihan di sekolah pramugari, diantaranya adalah kamu akan di bimbing langsung oleh instruktur yang sudah berpengalaman di dunia pramugari. sekolah pramugari pramugara terbaik saat ini adalah FAAST Penerbangan yang berada di yogyakarta. Satu-satunya sekolah pramugari bertaraf internasional dengan pendidikan dan materi yang berfokus pada seleksi di maskapai baik domestik maupun internasional.

Tidak semua orang bisa mengikuti pendidikan di FAAST Penerbangan, hanya orang-orang yang memiliki potensi dan keinginan yang kuat di bidang pramugari saja lah yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan pramugari.

berikut ini persyaratan fisik yang harus kamu miliki untuk bisa mengikuti pendidikan

Pramugari / Pramugara

Pramugari/pramugara adalah staf/karyawan perusahaan penerbangan yang bertugas melayani penumpang. Tugas utama mereka adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan.

Syarat Pendaftaran :
1. Pria/Wanita
2. Usia 17-23 Tahun
3. Tinggi Badan Minimal Wanita 160cm, Pria 170cm
4. Memiki Berat dan Tinggi Badan Ideal
5. Berpenampilan Menarik
6. Berkelakuan Baik
7. Sehat Jasmani & Rohani

Staff Airline
Staff Airline adalah adalah staf maskapai penerbangan yang bertugas di darat. Ia bertanggung jawab untuk membantu penumpang pada proses check in, boarding, disembarking, menangani bagasi penumpang, dan penjualan tiket.

Syarat Pendaftaran :
1. Pria/Wanita
2. Usia 17-24 Tahun
3. Tinggi Badan Minimal Wanita 157 cm, Pria 165 cm
4. Memiki Berat dan Tinggi Badan Ideal
5. Berpenampilan Menarik
6. Berkelakuan Baik
7. Sehat Jasmani & Rohani

Baca Juga : Informasi Pendaftaran Sekolah Pramugari Tahun Ini

Informasi pendaftaran peserta didik baru bisa langsung menghubungi panitia pendaftaran di nomer WA/TELP 0822-2000-7377 ( kak desta )

Demikian informasi seputar Tidak Hanya Cantik, Pramugari Juga Menguasai Ilmu Beladiri semoga impian mu untuk menjadi pramugari atau pramugara jadi lebih mudah tercapai ya…

Comments @sekolahpramugari.org

Rating
Apakah kamu ingin bergabung di sekolah penerbangan? formulir pendaftaran sekolah pramugari faast penerbangan Itulah gambaran tentang Pentingnya Beladiri Untuk Pramugari dan Keselamatan Penerbangan yang admin ketahui. Jika dirasa anda mempunyai informasi terbaru tentang hal tersebut dan atau apabila dirasa terdapat kesalahan informasi yang telah saya sampaikan diatas, mohon dapat disampaikan melalui kolom komentar atau dapat menghubungi kami melalui WhatsApp 0822-2000-7377 agar berita tersebut dapat segera kami perbarui.

Perlu diketahui juga bahwa segala bentuk berita, biaya pendidikan, teknis & aturan pendaftaran, syarat pendaftaran dan segala fasilitas pendidikan sekolah pramugari FAAST Penerbangan terbaru mengacu pada website utama www.faast.co.id.

Terima kasih

Administrator

FAAST (Flight Attendant & Airline Staff Training) membuka pendaftaran calon siswa-i baru! Daftarkan diri anda sekarang juga! More info & registration Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru FAAST Penerbangan Kak Desta 0822-2500-7272

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!