Pengertian PASS Bandara (Bandar Udara)

Kali ini admin akan membahas pengertian mengenai apa itu PASS BANDARA.  Kalo difikir-fikir,apa yang harus dipasin ya di bandara? kalo ada yg bergeser atau ada yang salah biasanya baru bisa kita pasin, tapi kali ini beda. Ini bukan masalah ngepas-ngepasin sesuatu yang salah dibandara, tapi adalah tanda/kartu(pass) untu masuk ke bandara.

Tidak sembarang orang memiliki izin utuk masuk di bandara.  Untuk masuk ke bandara hanya orang-orang yang memiliki PAS BANDARA. Didalam PAS BANDARA pun ada banyak aturan, yang paling menonjol adalah aturan kode area PAS BANDARA. Tidak semua orang yang memiliki pas bandara bisa masuk ke semua wiayah yang ada di bandara. Di bandara King Abdul Azis (KAA) Jedda, pass bandara tidak hanya berfungsi sebagai kartu izin masuk ke bandara, namun juga bisa berfungsi sebagai kartu belanja/kartu diskon di area bandara.

Langsung saja kita simak pengertian PAS Bandara yang admin copy dari website Otoritas Bandar Udara Wilayah II

tata cara langkah syarat membuat pas bandara

Apa itu PASS Bandara??

Pengertian Pas Bandara
PASS Bandara adalah tanda ijin masuk ke daerah terbatas yang selanjutnya disebut pas adalah tanda ijin terhadap orang untuk dapat masuk ke daerah terbatas di bandar udara.Persyaratan Pembuatan Pass Bandara
Persyaratan yang wajib dipenuhi untuk memperoleh pas bandara diantaranya:
1. Pass diberikan kepada orang yang melakukan kegiatan atau mempunyai kepentingan di bidang penerbangan di daerah terbatas di bandar udara.2. Pass diberikan kepada orang yang berdasarkan area wilayah kerja atau kegiatannya di bandar udara.3. Berdasarkan pertimbangan kepala kantor administrator bandar udara bahwa orang tersebut layak untuk diberikan pas.4. Dinyatakan lulus screening/ wawancara dengan materi yang telah ditentukan.Prosedur Pembuatan Pas Bandara
1. Mengajukan permohonan pas kepada Kepala Kantor Administrator Bandara secara tertulis yang ditandatangani oleh pejabat yang diberi otorisasi penandatangan permohonan pas dari instansi/ perusahaan.2. Surat permohonan, formulir permohonan beserta lampiran peserta yang telah diisi diperiksa kelengkapannya oleh petugas pelayanan umum.
3. Berkas permohonan selanjutnya diserahkan kepada tim pelaksana pengurusan pas untuk diteliti keabsahan surat-surat serta jangka waktu masa berlakunya dan dicatat dalam pembukuan.

4. Petugas team screening melakukan wawancara terhadap setiap calon pemegang pas bandara

5. Permohonan yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan sesuai klasifikasi area di bandar udara melalui wawancara/ screening selanjutnya diserahkan kepada Kepala Satuan Tugas Pelayanan Umum untuk mendapatkan verifikasi dan berkas ditandatangani oleh ketua/ wakil ketua team screening, selanjutnya diserahkan kepada bagian tata usaha untuk memperoleh persetujuan.

6. Permohonan yang telah mendapatkan persetujuan Kepala Bagian Tata Usaha selanjutnya dimohonkan persetujuan Kepala Administrator Bandar Udara.

7. Permohonan yang telah mendapatkan persetujuan Kepala Administrator Bandar Udara diserahkan kembali kepada team pelaksana pengurusan pas untuk dimasukkan ke entry data, dan dicatat dalam pembukuan untuk diberikan penomoran.

8. Petugas pencatat permohonan pas (entry data) menyerahkan permohonan pas yang telah disetujui kepada petugas pelayanan umum yang selanjutnya diserahkan kepada pemohon.

9. Pemohon menyerahkan hasil persetujuan permohonan pas ke petugas penerbitan pas untuk proses pembayaran dan pencetakan pas (foto).

10. Permohonan pas dapat ditolak apabila tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

11. Jangka waktu proses permohonan pas diharapkan paling lama 5 (lima) hari kerja setelah persyaratannya terpenuhi sesuai ketentuan dinyatakan keabsahannya oleh team pengurusan pas sesuai ketentuan.

12. Pas bandara yang lama harus dikembalikan saat mengambil pas bandara yang baru.

13. Pemohon pas yang pindah perusahaan harus melampirkan surat keterangan pindah dari perusahaan sebelumnya.

Pesan dari Otoritas Bandar Udara Wilayah II : “JANGAN PERNAH COBA- COBA MENYALAHGUNAKAN ATAU MEMALSUKAN PAS BANDARA !”.

Demikian informasi ini, semoga bisa menjadi pengetahuan yang berguna bagi anda. Terima kasih
Untuk contoh surat pengajuan pas bandara bisa diakes di http://sekolahpramugariindonesia.com/contoh-surat-pengajuan-pembuatan-pas-bandar-udara

Comments @sekolahpramugari.org

Jika anda merasa bahwa artikel ini layak untuk dibaca untuk orang lain, silakan bagikan melalui tautan sharing diatas. Terima kasih


Informasi Pendaftaran Sekolah Pramugari PSPP Penerbangan
Hubungi Panitia Pendaftaran Siswa Baru
Kak Diyan : 0822-2500-7272 / BBM:26D5777F

Administrator

PSPP (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari) membuka pendaftaran calon siswa-i baru! Daftarkan diri anda sekarang juga! More info & registration Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PSPP Penerbangan Kak diyan 0856-4378-5502 / 0859-3500-7272 / 0822-2500-7272 BBM 26D5777F

Baca Juga :

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!