Persiapan Sebelum Mendaftar Pramugari Pramugara

Apa Saja Yang Harus Dipelajari dan Disiapkan Untuk Menjadi pramugari ?

Persiapan Sebelum Mendaftar Pramugari Pramugara
Persiapan Sebelum Mendaftar Pramugari Pramugara

Pramugari (untuk wanita) dan Pramugara (untuk pria) adalah staf/karyawan perusahaan pengangkutan umum (baik udara, darat, dan laut) yang bertugas melayani penumpang. Tugas utama mereka adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan. Kepramugaraan adalah hal-hal yang berkenaan dengan pekerjaan di pesawat udara, kereta api, atau kapal.
Menjadi seorang pramugari adalah impian sebagian besar wanita. Penghasilan yang tinggi dan travelling ke mana mana menjadi salah satu sebab pekerjaan ini menjadi impian banyak wanita.
Namun selama ini pandangan masyarakat terhadap pramugari masih sangat awam. Banyak juga cibiran tentang pekerjaan mereka yang “mudah” tetapi kok digaji besar?
Banyak yang mengira pekerjaan pramugari amatlah mudah, yaitu hanya menyajikan makanan dan minuman kepada penumpang.

Tetapi kenyataannya preamugari dan pramugara memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalankan tugasnya selama penerbangan berlangsung. Pramugari pramugara dibelaki keahlian khusus selama menjalani pendidikan karena merekalah yang akan melakukan pertolongan pertama jika terjadi hal yang tidak diinginkan dan tidak boleh panik apapun kondisinya.

Sosok pramugari dan pramugara memang bertugas untuk melayani penumpang pesawat, siapapun tak terkecuali.

Pramugari dan pramugara biasanya membantu penumpang menaikkan barang-barang ke kabin.

Mereka juga memberikan informasi serta bantuan pada penumpang yang membutuhkan.

Namun, aksi seorang pramugara yang satu ini menjadi viral karena kebaikan hatinya yang menyentuh. Sang pramugara yang membantu seorang lansia atau nenek-nenek di pesawat dan panen pujian. Pramugara tersebut diketahui bernama Donny Prima Yuszela.

Video viral Donny Prima Yuszela tersebut diunggah oleh akun twitter @the4rel dari video asli @armainiimay di Instagram.

Dalam video pertama berdurasi 39 detik itu Donny Prima Yuszela rela berlutut, mengajak sang nenek mengobrol, membetulkan kerudung, dan mengelap mulut si ibu dengan tisu. Di video kedua, Donny dengan sabar menyuapi nenek tersebut.

Tidak mudah kan jadi pramugara atau pramugari tugasnya, apalagi saat seleksi di perusahaan penerbangannya. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa setiap kali dibuka lowongan requitment pramugari pramugara jumlah peminat yang mendaftar sangatlah banyak dan persaingan sagat ketat. Oleh karena itu, banyak persiapan yang harus dipersiapkan sebelum melamar menjadi pramugari pramugara.

Persiapan Sebelum Mendaftar Pramugari Pramugara

Hal yang harus kamu pelajari dan siapkan dari sekarang, jika ingin menjadi seorang pramugari, diantaranya adalah:

Tubuh Sehat dan Ideal

Jika kamu ingin berkarir sebagai pramugari hal yang pertama kalu perhatikan kesehatan tubuh kamu. Umumnya maskapai mensyaratkan tinggi dan berat badan tertentu untuk menjadi seorang pramugari ataupun pramugara. Disamping tubuh yang ideal, seorang pramugari juga harus memiliki tubuh sehat dan kuat. Kemudian yang harus kamu perhatikan juga adalah kesehatan mata, karena beberaa maskapai tidak memperbolehkan pramugari menggunakan kacamata, yang artinya kamu harus mempunyai penglihatan yang memumpuni.

Kemampuan Bahasa Asing

Seorang paramugari juga harus bisa berbahasa asing, minimal calon pramugari harus bisa berbahasa inggris. Tetapi jika kamu tidak terlalu lancar berbahasa inggris namun bisa bahasa asing lainnya seperti mandarin maka hal tersebut akan menjadi pertimbangan. Biasanya institusi pendidikan untuk calon pramugari akan mengadakan pendidikan dan pelatihan agar calon pramugaripun bisa mengasah bahasa asing mereka.

Ingin Belajar Banyak Hal

Salah satu syarat untuk menjadi seorang pramugari adalah mempelajari berbagai hal. Kamu akan di tuntut untuk multy-tasking­ dalam bekerja sebagai pramugari.

Sederet peran harus bisa kamu kerjakan bila jadi awak pesawat terbang, tidak hanya mengantarkan makanan saja tetapi kamu juga harus menguasai prosedur keselamatan, memberi pertolongan pertama pada penumpang, dan melayani kebutuhan mereka.

Itu sama aja kamu menjalankan beragam profesi sekaligus. Kamu harus bisa jadi tim SAR, dokter, dan pelayan sekaligus.

Syarat ini bisa dibilang tantangan sekaligus keuntungan. Tantangan karena kamu mesti belajar banyak ilmu selama jadi pramugari.

Siap Menghadapi Jam Kerja Yang Fleksibel

Seorang pramugari harus siap dengan jam kerja yang fleksibel. Bisa saja minggu ini kamu mendapatkan jadwal terbang subuh. Di lain waktu, kamu harus terbang saat tengah malam. Intinya kamu harus bisa bangun pagi dan begadang.

Jam kerja yang fleksibel akan menuntut kamu agar tetap menjaga mood dalam keadaan bagus. Karena jika kamu dengan mood yang tidak baik maka pekerjaan yang kamu lakukan tidak akan berjalan lancar.

Siap Jauh Dari Keluarga

Menjadi seorang pramugari bukanlah seperti menjadi karyawan biasa yang bisa pulang jam lima sore setiap hari. Jadwal dan rute terbangpun tidak menentu, jadi seorang pramugari harus siap berangkat kapan saja dari rumah. Tidak hanya itu, perjalanan yang cukup jauh tentunya tidak bisa membuat kamu cepat untuk pulang kerumah.

Ada sejumlah proses yang harus kamu lewati ketika kamu ingin berkarir pada profesi pramugari. Secara umum berikut tahap demi tahapnya:

Mengikuti Pendidikan Kepramugarian

Dengan mengikuti pelatihan dan pendidikan kepramugarian maka kamu akan di bimbing langsung oleh instruktur yang sudah bepengalaman. Kamu juga akan memiliki banyak teman dengan tujuan yang sama, sehingga proses belajar akan lebih menyenagkan. Solusi paling tepat bagi kalian yang ingin mengikuti seleksi pramugari adalah mempersiapkan diri dengan belajar di sekolah pramugari. Salah satu sekolah pramugari yang direkomendasikan adalah FAAST Penerbangan. Sekolah pramugari terbaik yang sudah terbukti kwalitasnya. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa langsung menghubungi panitia pendaftarannya di nomer WA/TELP 0822-2000-7377 ( KAK DESTA )

Tahap Registrasi Dan Performance Test

Ini adalah tahap pertama yang harus kamu lalui, kamu ditutut untuk memenuhi keteria yang sudah ditentukan oleh maskapai. Diantranya adalah mempunyai berat dan tinggi badan seimbang atau tubuh ideal. Calon pramugari juga dituntut untuk berpenampilan menarik.

Kemudian di tahap ini kamu juga harus menyiapkan dan menyerahkan segala dokumen yang telah diminta oleh pihak maskapai.

Tahap Wawancara, Psikotes, Dan Bahasa Inggris

Jika kamu sudah dinyatakan lulus pada tahapan kelengkapan dokumen dan penampilan, tahap selanjutnya yang akan kamu hadapi adalah tahap wawancara, psikotes dan bahasa asing. Jadi, pada thap ini kamu akan berkompetisi dengan berbagai calon pramugari lainnya dengan mengerjakan berbagai macam tes. Tahap ini juga merupakan bukti bahwa pramugari itu tidak hanya cantik tapi juga cerdas.

Tahap Ground Training

Ketika kamu dinyatakan telah lulus seleksi, kamu bakal ditempa dalam tahap bernama ground training. Latihan ini bakal dilakukan sekitar tiga bulan. Di sini kamu bakal disuguhkan berbagai materi dan sekaligus ujian. Jadi belajarlah dengan serius biar bisa lulus di tahap ini.

Light Training

Setelah dinyatakan lulus dari tahap ground training dan memenuhi syarat buat terbang, di tahap ini kamu bakal terjun untuk mencoba berbagai pekerjaan secara langsung. Meski udah punya pengalaman terbang, kamu belum tentu langsung diterima. Di tahap ini kamu harus menunjukkan performance yang bagus. Dengan begitu barulah kamu dinyatakan lulus dan siap jadi pramugari aktif.

Tentu saja, pada tahap ini kamu baru mendapatkan uang terbang dan berbagai fasilitas dan jaminan. Tetapi biasanya belum menerima penuh.

Recurrent

Selamat! Kini kamu jadi pramugari!

Setelah ini kamu mesti tetap menghadapi tahap recurrent, tapi cuma sekali setahun kok. Tahap tersebut menuntut kamu buat ikut ujian lagi. Jadi, pastikan diri buat lulus ujian tersebut.

Bila kamu dinyatakan tidak lulus, kamu mesti ikut pendidikan lagi dan ikut ujian lagi dari awal. Seorang pramugari maupun pramugara mesti rela putus kontrak bila mereka gak bisa selesaikan ujian. Duh!

Gimana, panjang kan syarat dan persiapan jadi pramugari dan pramugara?

Baca Juga : Informasi Pendaftaran Sekolah Pramugari Terbaik

Meski cukup berat, kalau kamu emang memenuhi syarat dan punya kemauan yang kuat, bisa deh lulus bekerja di pesawat terbang. Kalau lulus, gaji pramugari dan pramugara yang menggiurkan itu bakal menanti kamu!

Demikian informasi tentang Persiapan Sebelum Mendaftar Pramugari Pramugara semoga kamu bisa mempersiapkan diri lebih matang lagi dengan mengikuti pendidikan pramugari di sekolah pramugari terbaik FAAST Penerbangan info pendaftaran WA/TELP 0822-2000-7377

Selamat berjuang!

Comments @sekolahpramugari.org

Rating
Itulah gambaran tentang Persiapan Sebelum Mendaftar Pramugari Pramugara yang admin ketahui. Jika dirasa anda mempunyai informasi terbaru tentang hal tersebut dan atau apabila dirasa terdapat kesalahan informasi yang telah saya sampaikan diatas, mohon dapat disampaikan melalui kolom komentar atau dapat menghubungi kami melalui WhatsApp 0822-2000-7377 agar berita tersebut dapat segera kami perbarui.

Perlu diketahui juga bahwa segala bentuk berita, biaya pendidikan, teknis & aturan pendaftaran, syarat pendaftaran dan segala fasilitas pendidikan sekolah pramugari FAAST Penerbangan terbaru mengacu pada website utama www.faast.co.id.

Terima kasih

Administrator

FAAST (Flight Attendant & Airline Staff Training) membuka pendaftaran calon siswa-i baru! Daftarkan diri anda sekarang juga! More info & registration Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru FAAST Penerbangan Kak Desta 0822-2500-7272

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!